MATERI PERTEMUAN 1
BIOLOGI SEBAGAI ILMU
Biologi adalah ilmu tentang
kehidupan. Diambil dari bahasa Yunani, bios yang berarti kehidupan dan logos
yang berarti ilmu. Berdasarkan tingkat
organisasi :
1. Tingkat
molekul : Biologi molekuler, biokimia, dan genetic.
2. Tingkat
sel : Sitologi
3. Tingkat
jaringan : Histologi
4. Tingkat
organ dan sistem organ : Organologi, anatomi, dan fisiologi
:
a)
Pulmonologi
:
Paru-paru manusia
b)
Kardiologi
:
Jantung manusia
c)
Endokrinologi
: Sistem endoktrin manusia
d)
Neurologi
:
Sistem saraf manusia
5. Tingkat
individu : Biologi perkembangan
6. Tingkat
populasi : Biologi populasi, biogeografi, dan generika populasi
7. Tingkat
ekosistem : Ekologi,
ilmu lingkungan, toksikologi, biologi kelautan, dan limnology
Cabang biologi yang mempelajari
kehidupan pada suatu kelompok organisme, diantaranya sebagai berikut :
1. Taksonomi : Pengelompokkan berdasarkan
persamaan dan perbedaan organisme
2. Virologi : Virus
3. Mikrobiologi
: Mikroorganisme
4. Bakteriologi : Bakteri
5. Mikologi : Jamur, ragi, dan kapang
6. Botani :
Tumbuhan.
a) Pteridologi : Paku
b) Bryologi : Lumut
7. Zoologi : Hewan
a) Entomologi : Serangga
b) Iktiologi : Ikan
c) Herpetologi : Reptilia dan amfibi
d) Ornitologi : Unggas
e) Mamologi : Mamalia
Cabang biologi berdasarkan aspek kehidupan :
1. Biologi
perkembangan : Perkembangan individu organisme
2. Embriologi
: Perkembangan embrio
3. Anatomi : Struktur internal organisme
4. Fisiologi : Fungsi yang terjadi pada kehidupan
organism
Objek dan permasalahan Biologi :
Adalah kehidupan organisme pada
berbagai tingkat struktur dari yang terendah hingga tertinggi, yaitu : (unsur,
molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, Komunitas,kosistem,
bioma).
1. Unsur adalah zat tunggal yang
tidakdapat di bagi lagi menjadi zat yang lebih kecil
2. Molekul adalah :zat kimia murni yang
terdiri dari beberapa unsur yang dapat dipecah-pecah lagi menjadi unsur
pembentuknya, contoh H20, adalah senyawa yang terdiri dari 2 atom Hidrogen
untuk setiap atom Oksigen
3. Sel adalah unit terkecil dan
fungsional penyusun tubuh makhluk hidup
4. Jaringan adalah sekumpulan sel yang
memiliki bentuk dan fungsi yang sama
5. Organ adalah kumpulan dari
jaringan-jaringan yang saling bekerja sama membentuk fungsi di dalam tubuh.
contoh mata, hidung, jantung, ginjal, otak dll
6. Sistem organ adalah kumpulan
dari beberapa organ yang saling bekerja sama membentuk fungsi yang lebih luas
di dalam tubuh. contohnya sistem pencernaan , sistem pernafasan, peredaran
darah. gerak, eksresi, sekresi, sistem koordinasi dll
7. Organisme adalah makhluk hidup
tunggal atau individu yang merupakan kumpulan dari seluruh sistem organ yg
saling bekerjasama menjalankan fungsi kehidupan
8. Populasi adalah kumpulan individu
sejenis yg tinggal di suatu tempat
9. Komunitas adalah kumpulan dari
beberapa populasi yang saling berinteraksi di suatu habitat tertentu
10. Ekosistem adalah kesatuan komunitas
dengan lingkungan hidupnya yg membentuk hubungan interaksi atau
saling ketergantungan. Contohnya ekosistem perairan dan ekosistem daratan
11. Bioma : Bagian terkecil dari
ekosistem di daratan. Contohnya bioma hutan hujan tropis, bioma gurun dll
12. Biosfer : tempat makhluk hidup
tinggal dan melangsungkan hidupnya yaitu di bumi.
Cabang biologi kelompok ilmu campuran dan terapan :
a. Biokimia : Proses kimia dalam sistem
kehidupan
b. Biofisika : Proses fisika dalam sistem
kehidupan
c. Bioteknologi
: Teknologi yang memanfaatkan
organisme
d. Paleontologi
: Perkembangan sejarah kehidupan
berdasarkan catatan fosil
Manfaat biologi :
1. Bidang
pertanian :
Peningkatan produksi pangan
a) Teknik penanaman yang lebih efisien
b) Tanaman budidaya melalui rekayasa
genetika, mampu menghasilkan insektisida sendiri
c) Teknik kultur jaringan
d) Teknik rekayasa genetika,
buah-buahan tanpa biji
2. Bidang
peternakan :
Peningkatan produksi hewan ternak
a)
Inseminasi
buatan (kawin suntik)
b)
Fertilisasi
in vitro, menghasilkan embrio diluar uterus
3. Bidang
kesehatan :
Pencegahan diagnosa, dan penanganan terhadao berbagai penyakit dan kelainan
a) Transplantasi organ
b) Menciptakan vaksin-vaksin
c) Teknik bayi tabung
d) Antibiotik
4. Bidang
industri :
a)
Pemanfaatan
mikroorganisme dalam industri makanan
b)
Pemanfaatan
beberapa jenis mikroorganisme dalam industri obat-obatan
Metode ilmiah, tahapannya :
1. Menemukan
masalah : Pertanyaan yang timbul dari
melihat masalah
2. Mengajukan
hipotesis : Hipotesis adalah jawaban sementara
terhadap masalah, hipotesis didasari pada pengetahuan dan hasil penelitian
terdahulu
3. Melakukan
percobaan : Untuk menguji kebenaran hipotesis.
Sebelum melakukan percobaan, harus dilakukan perencanaan percobaan yang
meliputi
a) Menentukan alat dan bahan
b) Menentukan variabel :
1.
Variabel
adalah ciri objek yang dapat diukur secara kuantitatif dan memiliki nilai yang
berubah-ubah
2.
Variabel
bebas merupakan faktor yang diubah
3.
Variabel
terikat adalah faktor yang berubah tergantung perubahan variabel bebas
4.
Pada
percobaan biologi terdapat 2 kelompok : Kelompok yang diberi perlakuan dan
kelompok kontrol (Kelompokyang tidak diberi perlakuan)
5.
Menarik kesimpulan : Berisi hasil percobaan yang dapat mendukung atau tidak
mendukung hipotesis yang dibuat sebelumnya
4. Laporan ilmiah, urutannya :
a. Perumusan
masalah dan hipotesis
b. Tujuan
c. Metode
d. Hasil
e. Pembahasan
: Harus menunjukkan apakah kasil
tersebut menjawab hipotesis awal atau tidak
f. Kesimpulan
: Intisari atau hasil percobaan dan
pembahasaan. Harus menjawab pertanyaan awal yang diajukan sebelum melakukan
pecobaan
LATIHAN
1.
Taksonomi, anatomi, dan fisiologi tumbuhan
merupakan cabang ilmu biologi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk … (UN
2013)
A.
Mengembangkan industri jamu sebagai
alternative obat-obatan herbal
B.
Menemukan vaksin dan antibiotik dari tumbuhan
C.
Mengidentifikasi jenis-jenis penyakit pada
manusia
D.
Memproduksi jenis makanan yang bernilai gizi
tinggi
E.
Mengidentifikasi jenis-jenis mikroba penyebab
penyakit
2.
Kontribusi Biologi dalam pemecahan masalah pangan antara lain dapat dilakukan melalui
teknik poliploidisasi menggunakan kolkisin untuk menghasilkan tanaman pangan unggul dengan produktifitas
tinggi. Penelitian untuk tujuan tersebut dilakukan terhadap objek tumbuhan
dengan melibatkan perpaduan cabang ilmu Biologi ... (UN 2014)
A.
Biologi – Genetika
B.
Biokimia - Morfologi
C.
Sitologi – Anatomi
D.
Genetika – Evolusi
E.
Taksonomi - Evolusi
3.
Hama wereng coklat merupakan musuh
para petani yang menanam padi. Cabang ilmu biologi yang membahas tentang wereng
coklat ini adalah . . . . (UN 2015)
A.
Evolusi
B.
Ekologi
C.
Entomologi
D.
Irologi
E.
Ornitologi
4.
Kontribusi biologi dalam pemecahan
masalah pangan antara lain dapat dilakukan melalui teknik poliploidasi
menggunakan kolkisin untuk menghasilkan tanaman pangan unggul dengan
produktifitas tinggi. Penelitian untuk tujuan tersebut dilakukan terhadap objek
tumbuhan dengan melibatkan perpaduan cabang ilmu biologi . . . .(UN 2016)
A.
Biologi – Genetika
B.
Biokimia – Morfologi
C.
Sitologi – Anatomi
D.
Genetika – Evolusi
E.
Taksonomi – Evolusi
5.
Ilmu Biologi berkembang pesat di berbagai
bidang kehidupan. Salah satu cabang Biologi yang termasuk ilmu terapan adalah
bio-teknologi. Contoh peranan bioteknologi di bidang lingkungan adalah ….
(UN 2016)
A.
pembuatan diri penggunaan obat sintetik
B. mengontrol proses kimia dalam tubuh makhluk hidup
C. mendeteksi penyakit yang menyerang hewan dan tumbuhan
D. mengendalikan penyebaran penyakit pada suatu daerah
E. penggunaan bakteri untuk mengurai tumpahan minyak di pantai
6.
Taksonomi, anatomi dan fisiologi
tumbuhan merupakan cabang ilmu biologi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia
untuk . . . . (UN 2017)
A.
Mengembangkan industry jamu sebagai
alternative obat-obatan herbal
B.
Menemukan aksin dan anti biotic dari
tumbuhan
C.
Mengidentifikasi jenis-jenis
penyakit pada tumbuhan
D.
Memproduksi jenis makanan yang
bernilai tinggi
E.
Mengidentifikasi jenis-jenis mikroba
penyebab penyakit
7.
Suatu daerah terserang abah
muntaber. Penyebab penyakit ini dipelajari dalam cabang ilmu biologi yang
disebut . . . .
A.
Irologi
B.
Bakteriologi
C.
Parasitologi
D.
Patologi
E.
Sanitasi
8.
Seorang Penggemar Tanaman Hias
mengembangkan tanaman kamboja jepang (Adenium) berbunga merah tua dengan
menggunakan biji. Setelah biji di
semaikan dan dipelihara selama dua tahun dia kecewa karena ribuan dari bibit
yang dikembangkan hanya beberapa saja yang berhasil dikembangkan menjadi bunga
merah tua sedangkan yang lain berwarna putih dan merah muda. Rumusan masalah
yang benar dan berkaitan dengan fonomena tersebut adalah . . . .
A.
Mengapa adenium berbunga merah dapat
menghasilkan keturunan ?
B.
Mengembangbiakkan adenium akan
menghasilkan keturunan yang mengecewakan
C.
Adenium bunga merah tidak selalu
menghasilkan adenium bunga merah
D.
Apakah adenium bunga merah dapat
diokulasikan pada adenium bunga putih ?
E.
Apakah ada adenium dengan warna
putih ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Semoga Bermanfaat. Saya Tunggu kritik Dan sarannya. terimah kasih..